Dakwah di Pedesaan itu Anugerah dari Allah

Baitul Mall Hidayatullah (BMH) adalah lembaga zakat nasional yang selain bergerak di bidang penghimpunan dan penyaluran yang dikemas dalam beragam program bantuan sosial seperti korban bencana, santunan yatim-dhuafa dan lain sebagainya, juga ada program inti yang terus digalakkan yakni dakwah dengan pembinaan masyarakat pedesaan.

“Dalam rangka menjaga aqidah umat BMH membuat program bina desa atau juga di sebut desa binaan hal ini menjadi progres utama dalam menjaga ukhuwah, di samping mereka mendapatkan bingkisan menjelang Ramadhan dan hewan qurban saat Idul Qurban, mereka juga mendapatkan siraman ruhani berupa kajian dan lain sebagainnya secara rutin,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Jawa Timur, Imam Muslim (5/1).

Satu perwujudan yang terus dilakukan oleh BMH ialah dengan mengirimkan dai yang siap siaga kapan dan dimanapun ia dibutuhkan untuk membina aqidah masyarakat pedesaan.

Satu dai yang dikirimkan adalah Ustadz Humaidi. Pria asli Madura ini setiap bulan datang membimbing masyarakat desa
Sumber Manjing, yang ada di Malang Selatan.

“Untuk bisa sampai desa ini kita butuh waktu perjalanan 2 jam lebih dari Pesantren Hidayatullah Batu,” kata Ustadz Humaidi.

Pembinaan di desa tersebut katanya telah berlangsung selama 15 tahun.

Ustadz Humaidi menuturkan bahwa ketekunannya di dalam membina masyarakat pedesaan tidak lain adalah anugerah dari Allah.

“Pada dasarnya bisa menekuni dunia dakwah ini adalah anugerah dari Allah. Saya sangat bahagia dapat menekuni dunia ini. Alhamdulillah, ada manfaat yang diperoleh dan sekaligus bisa diberikan kepada sesama. Toh ternyata Allah datangkan jalan untuk kita tetap semangat, semakin kuat dalam dakwah, di antaranya hadirnya program dai tangguh BMH ini yang melibatkan umat secara langsung maupun tidak langsung,” tutupnya.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *