Dakwah dengan Memberikan Layanan Masyarakat Pedalaman

Jika dakwah seringkali dipahami sebatas ceramah dan tausiyah, maka tidak dengan apa yang dilakukan oleh dai tangguh BMH di Halmahera, Maluku Utara.

“Dakwah di pedalaman, seperti Halmahera ini, tentu butuh pelayanan juga dalam pelaksanaannya. Jadi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pendekatan dalam berdakwah. Salah satu yang kita lakukan berdakwah di daerah pedalaman Halmahera yaitu dengan memberikan pelayanan bekam secara gratis,” terang dai tangguh BMH di Halmahera, Ustadz Nur Hadi.

“Masyarakat pedalaman sedikit berbeda dengan  masyarakat di perkotaan. Jika  perkotaan masyarakat haus akan ilmu, bahkan kadang mereka harus siap membayar untuk mendapatkan suatu ilmu,” imbuhnya.

Dalam kegiatan layanan bekam gratis tersebut, Ustadz Nur Hadi berseloroh dengan para muallaf pedalaman. “Yang ingin bekam, biar sehat, harus siap sholat berjama’ah, ya,” tuturnya dengan senyum khasnya.

“Sambil dibekam para mualaf dan masyarakat pedalaman kita ajak dan ajarkan untuk hidup sehat secara Islami yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ. Kebiasaan merokok dan kebiasaan buruk lainnya kita suruh untuk meninggalkannya. Alhamdulillah, perlahan mereka mengerti, sehingga ada yang mulai mengurangi rokok, dan mulai banyak masyarakat mau sholat berjama’ah di masjid,” sambunyan.

Menurutnya, di pedalaman, dai yang harus super aktif melakukan beragam upaya agar masyarakat terbina, karena memang kesadaran masyarakat sedang diupayakan melalui dakwah.

“Di pedalaman, dai harus siap mencari murid, mendatangi mereka satu-persatu untuk mengajar agama. Bukan hanya waktu dan tenaga yang dicurahkan oleh para dai, bahkan dana pribadipun siap dikeluarkan untuk berdakwah ke mereka. Minimal seperti biaya transportasi PP ke pedalaman pun biasanya memakai dana pribadi. Selain itu, dai juga dituntut bisa skill tertentu, ya, misalnya bekam, sehingga ada pendekatan yang bisa digunakan untuk menjadikan dakwah mudah diterima masyarakat,” pungkasnya*/Arim

 

 

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *