Wakaf Sumur Pesantren Jadi SAKSI Amal Jariyahmu

Setiap hari santri ponpes Ath-thohiriyyah bergotong-royong mendorong gerobak yang berisi jerigen dan ember untuk mengambil air di telaga yang airnya berwarna kehijauan dipinggiran desa Blawi, Lamongan.

 

Dusun Blawi merupakan bagian dari Desa Blawirejo. Dimana Desa ini memiliki 2 Dusun yaitu Dusun Blawi dan Dusun Duwel.

keberadaan Pondok Pesantren, yakni PP Ath-thohiriyyah yang berdiri tegak di Perbatasan Desa.

Pondok pesantren Ath-thohiriyyah didirikan pada 16 Oktober 1994 di Desa Blawirejo.

 

Permasalahan mulai awal berdirinya PP Ath-thohiriyyah adalah ketersediaan air bersih buat santri di sini, warga sudah mencari solusi dengan menggali sumur konvensional untuk mencukupi kebutuhan air bersih dan mck santri disini.

Tapi semakin banyaknya santri yang bermukim di Pesantren Ath Thohiriyah membuat sumur konfensional yang dibangun dan menjadi sumber air yang selama ini diandalkan tidak mencukupi buat kebutuhan semua santri disini.

 

Air di dalam sumur sering habis, terlebih ketika datang musim kemarau panjang sumur menjadi kering.

Hal ini menimbulkan kebiasaan buruk di Bidang Kesehatan para Santri, yakni jarang mandi.

Permasalahan yang sering disepelekan ini bahkan bisamenyebabkan penyakit kulit yang tentunya menggangu aktifitas Santri.

 

Maka solusinya sementara para santri bergotong royong dengan membawa gerobak yang berisi jerigen dan ember-ember untuk mengambil air di telaga yang airnya berwarna kehijauan dipinggiran desa, untuk mereka buat kebutuhan mck di pesantren.

Untuk kebutuhan minum dan masak Pondok Pesantren Ath-thohiriyyah membeli air dari truk tangki yang mereka pesan dari Kab.  Lamongan.

Sungguh luar biasa perjuangan para santri disini untuk menuntut ilmu, tetap tersenyum dalam keadaan yang serba kekurangan. Tidak ada terlihat sedih sedikitpun dari raut muka mereka.

 

Maka dari itu sudah seharusnya kita turut membantu agar mereka mempunyai sumber air yang bagus melalui sumur bor yang layak dan memadai.

Berkah sumur jariyah inilah, insya Allah semakin besar ketika dibangun di kawasan pesantren yang mengalami permasalahan kekeringan secara menahun.

 

Ya, banyak santri yang menuntut ilmu di pesantren dengan kondisi geografis sekitarnya yang rentan krisis air bersih, bahkan di musim hujan.

setiap hari harus berjalan berkilo meter demi mendapatkan air bersih, atau harus membeli air galon yang jelas tak murah harganya. Padahal, kondisi keuangan pesantren pun sangat terbatas.

 

“Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh yang berdoa baginya.” (HR Muslim)

Sedekah terbaik menurut Rasulullah adalah sedekah air.

Saad bin Ubadah bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air (sedekah air).” (HR. Abu Daud)

Bismillah, mantapkan niat beramal jariyah lalu:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran Transfer Bank BCA, BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, BRI Syariah atau Mitrans (GO-PAY, Virtual Account Pertama Bank, BCA, Mandiri dll)

 

Note* Tidak hanya berdonasi, sahabat juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    Belum ada update

30 Nov 2021

Singgih dwi saputro

"semoga berkah dan manfaat"

Rp 90.468

18 Nov 2021

Hamba Allah

"Mohon doa dan Al Fatihah untuk Bp Dani sekeluarga"

Rp 200.370

16 Nov 2021

Hamba Allah
Rp 100.363

7 Nov 2021

Dianita Rachma

"Bismillah, semoga berkah"

Rp 150.207

5 Nov 2021

Hamba Allah
Rp 100.341

23 Oct 2021

Hamba Allah

"Ibu Nurdjanah diberikan kesehatan dan kebaikan di dunia dan akhirat nanti"

Rp 100.213

22 Oct 2021

Lina

"Semoga barokah, sehat dan dilancarkan semua urusan"

Rp 50.222