Bantu Santri Pedalaman Lampung Bertahan Hidup

“Karena jauh dari pemukiman, santri disini diajarkan cocok tanam dan beternak, hasilnya akan dijual dan digunakan untuk kebutuhan santri sehari-hari, insyaa Allah untuk mereka sekolah hingga perguruan tinggi..”

 

37654dd9-551f-487f-8faa-7d9727bf0fce.jpg

Berdiri sejak tahun 2000, Pesantren yang didirikan oleh Ustadz Awaluddin berada di tengah kebun sawit yang jauh dari pusat keramaian dan sudah berganti kepengurusan berkali-kali karena sulitnya kondisi di lokasi membuat banyak orang yang tidak mampu bertahan.

 

Ustadz Awal pun juga harus berpikir keras untuk bisa memenuhi kebutuhan para santrinya yang saat ini ada sebanyak 50 anak.

 

Namun semangat Ust Awaluddin tak pernah padam, untuk mencukupi kebutuhan santri Ustadz Awal pun mengajarkan para santri untuk memanfaatkan lahan yang ada di sekitar pondok untuk bercocok tanam dan beternak Ikan.

 

6f3b11ce-61ed-4e5a-bd60-9b9713936f50.jpg6626b72f-1ec5-4910-a52b-7c5ffcda2ff4.jpg

 

Pohon pisang, singkong, cabe adalah beberapa tanaman yang ditanam oleh santri di kebun pesantren.

 

Selain itu mereka juga beternak ikan lele, patin, nila, serta burung puyuh untuk menunjang kehidupan santri setiap harinya.

 

Namun kegiatan seperti ini tidak semudah yang dibayangkan, karena untuk melakukan kegiatan tersebut butuh pembiayaan sementara saat ini para santri belajar tanpa dipungut biaya.

 

c0b54d34-23b4-41b8-a3d6-f9cad636d6bf.jpg

 

Ustadz Awal berharap pesantren bisa memiliki dana untuk pemberdayaan jangka panjang yang akan digunakan untuk tabungan pohon.

 

Dalam kurun waktu 2 sampai 3 tahun hasil panen dari pohon itu bisa dijual untuk kebutuhan proses belajar para santri.

 

Sahabat, yuk kita bantu para santri untuk tetap bisa belajar di tengah keterbatasan mereka!

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran Transfer Bank BCA, BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, BRI Syariah atau Mitrans (GO-PAY, Virtual Account Pertama Bank, BCA, Mandiri dll)

***

Tak hanya mendoakan dan berdonasi, saudara-saudara juga bisa membagikan halaman galang dana kami ini agar semakin banyak yang turut menemani perjuangan Fawwaz dan santri ponpes tahfidz Ahlul Jannah.

Terima kasih banyak, #OrangBaik!

    Belum ada update

Belum ada donatur