Bantu Pembangunan 1000 Pesantren di Pelosok Negeri

Taukah kamu Kementrian Agama mencatat ada total 26.973 pondok pesantren yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia?

 

Jawa Barat diikuti oleh Banten, Jawa Timur, dan Jawa Tengah memang memiliki paling banyak jumlah pesantren. Namun bagian timur Indonesia pun memiliki setidaknya 20 pesantren. Tapi jumlah pesantren yang hampir mencapai 30 ribu itu tak semuanya mengalami kecukupan.

 

c23bae53-e0cb-4950-9872-c52e9abc8238.jpg

LKSA Al-A’raf Padang Moro Desa Garanta, Kec. Ujung Loe, Kab. Bulukumba

 

Kebanyakan dari pesantren-pesantren itu berdiri dengan kondisi seadanya. Seperti LKSA Al-A’raf Padang Moro Desa Garanta, Kec. Ujung Loe, Kab. Bulukumba ini, sudah 20 tahun mereka bertahan di rumah panggung kayu yang merupakan hibah dari warga sekitar untuk pendidikan pesantren.

 

Setelah 20 tahun kondisi rumah panggung belum berubah fungsi, dari waktu ke waktu menjadi tempat tinggal bagi santri yatim dan penghafal Al-Quran. Dengan luas 7 X 9 M, asrama telah termakan usia, sebagian kayu lantai dan dinding lapuk. Begitu juga dengan atap seng yang telah bocor di beberapa tempat.

 

97fc1753-3a84-4749-83f7-5e70c8c999c1.jpg

Para santri sedang beraktivitas di dalam LKSA Al-A’raf Padang Moro

 

Kondisi asrama dengan lantai kayu lapuk sungguh mengkhawatirkan. Santri putri bisa terjerembab kapan saja. Belum lagi asrama bergetar jika angin kencang. Kondisi ini mengharuskan pembangunan asrama baru yang lebih layak untuk para calon penghafal Al-Quran.

 

Tak hanya LKSA Al-A’raf Padang Moro saja yang mengalami kesulitan, sama halnya dengan nasib 75 santri penghafal Al-Quran di Pesantren Hidayatullah, Desa Harapan, Kec. Mappadeceng, Luwu Utara. Mereka harus mengungsi di rumah kayu berukuran 5×8 meter yang ada di kebun. Tak hanya sempit, fasilitas di sana pun sangat terbatas.

 

afb7f006-e42d-40ae-aef9-735111b54eed.jpg56937de8-eaac-4c1c-a8e9-0b5e60afead6.jpg

 

Kebutuhan air bersih santri hanya bisa dipenuhi dari galian sumur tanah yang juga digunakan untuk pengairan tanaman sayur mayur di lokasi tersebut. Sarana MCK pun hanya ada 2 unit untuk semua santri. Sehingga antrinya nyaris setiap waktu.

Sahabat, di bulan Ramadan ini lebih indah lagi jika kita bisa berikan asrama layak untuk ribuan pesantren di seluruh Indonesia. Jadikan ayat dari setiap hafalan santri penghafal Al-Quran ini menjadi saksi kita di akhirat nanti.

 

Jangan menunda berbuat baik karena kita tak pernah tahu kapan hari terakhir menghembuskan nafas di dunia. Kalau bisa berbuat baik sekarang kenapa nggak?

Yuk bersama BMH bangun 1.000 Pesantren dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran Transfer Bank BCA, BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, BRI Syariah atau Mitrans (GO-PAY, Virtual Account Pertama Bank, BCA, Mandiri dll)

 

Note* Tidak hanya berdonasi, sahabat juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    Belum ada update

Belum ada donatur