Budidaya Ikan Bandeng di Konawe Selatan Sukses Panen

Nuansa penuh kebahagiaan menyelimuti pesantren tahfidz binaan BMH di Konawe Selatan Sulawesi Tenggara.

“Alhamdulillah pada hari ini (14/4) Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Sulawesi Tenggara melakukan kegiatan panen ikan bandeng di tambak pesantren tahfidz Hidayatullah Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Sebuah penantian yang akhirnya menghasilkan kebahagiaan bagi santri dan para pengasuh di sini,” terang Kepala BMH Perwakilan Sulawesi Tenggara, Fatahillah.

Panen ini merupakan hasil panjang dari program pesantren berdaya yang digagas oleh BMH selama ini. “Nama program ini adalah pesantren berdaya, sebuah program produkitf yang diharapkan dapat memberikan dorongan kemandirian bagi pesantren. Alhamdulillah tercapai target dan tujuan dari program ini, sehingga pesantren bisa mandiri dan berdaya,” imbuhnya.

Melalui program ini pesantren tidak saja membekali santri dengan pendidikan agama, tetapi juga life skill, dalam konteks ini bagaimana mereka bisa mengenal, mengerti dan bisa menjadi pengusaha di bidang budidaya ikan bandeng.

Setelah panen, hasilnya akan dijual dalam dua bentuk. “Pertama dijual dalam bentuk ikan segar, jadi ambil langsung jual ke masyarakat. Kedua, panen lalu diolah untuk dijadikan produk ikan kering dan dikemas, sehingga bisa menjadi varian produk pesantren,” tutur Fatahillah.

Ustadz Lutfiuddin, Pimpinan Pesantren Tahfidz Hidayatullah Konawe Selatan mengungkapkan kegembiraannya karena tambak budidaya ikan bandeng dipesantrennya berhasil panen dengan hasil yang baik.

“Alhamdulillah, akhirnya tambak kami sudah berhasil dan bisa menghasilkan income yang bisa membantu memenuhi kebutuhan pendanaan pesantren,” jelasnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada BMH yang sejak awal membantu membuatkan lahan kosong di area pesantren menjadi tambak, bukan hanya itu BMH juga mendampingi dan membantu pemasaran hasil tambak pesantren,” sambungnya.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *