BMH-Yayasan Al-Bayan Gelar Talkshow Parenting Bersama Ustadz Fauzil Adhim

Penulis terkenal asal Jogjakarta, Ustadz Fauzil Adhim hadir sebagai pemateri talkshow dengan tema “Agar Anak Tegak di atas Fitrah” yang di laksanakan di aula STAI Al Bayan Makassar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) dan Yayasan Al Bayan Makassar itu diikuti oleh orang tua murid dan guru di lingkungan Pesantren Hidayatullah dan masyarakat sekitar (10/02/2020).

Menurut Ustadz Fauzil Adhim, masa anak-anak merupakan yang paling dekat dengan fitrah, yakni belum banyak menyimpang dibandingkan orang yang sudah tua. Itu sebabnya pemuda lebih mudah menerima kebenaran dan kebaikan.

Masih menurut beliau, ada tiga hal yang dapat memalingkan fitrah.

“Pertama Lisan, Keluarnya kata-kata seorang anak dipengaruhi komunikasi lingkungannya. Maka kata-kata dari orang-orang sekitar harus diperhatikan agar perkataan anak benar dan lurus.

Kedua Fisik, fitrah anak itu bermain. Artinya fisiknya bergerak. Sedangkan ketiga, Ima’ah dan Tasyabbuh yakni anak anak cenderung untuk ikut-ikutan dan menyerupai yang di sukai, jika pun mengikuti sesuatu sebaiknya memiliki pemahaman dan pengetahuan,” urainya.

Penulis Buku Segenggam Anak Kita itu juga menegaskan bahwa pendidikan anak harus benar-benar diperhatikan oleh orangtua.

“Terlebih mendidik anak merupakan kewajiban Bapak, namun yang lebih utama dalam proses mendidik anak dalam rumah tangga adalah seorang ibu,” tegasnya.

Ketua Laznas BMH Sulsel, Kadir, yang hadir dalam kesempatan tersebut berharap kegiatan itu menambah ilmu dan wawasan bagi orang tua untuk mendidik anak agar tidak tidak menyimpang dari fithrahnya.

“Sebagai orang tua kita tidak bosan untuk belajar, apalagi belajar untuk mendidik anak. Kegiatan ini diharap mampu memberi inspirasi dan melakukan perlakuan yang terbaik untuk anak,” tutur Kadir.*/Bashori

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *