Bersama YBM PLN UP3 Malang dan RSU Wajak Husada Berdayakan Disabilitas

Pemulihan ekonomi untuk anak berkebutuhan khusus dari dampak pandemi Covid 19 terus dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah Jatim Gerai Malang. Kali ini dengan memberikan kepedulian melalui pelatihan membuat ketrampilan tangan Batik Ciprat.

Program ini berlangsung dengan baik atas kolaborasi BMH dengan YBM PLN UP3 Malang dan RSU Wajak Husada.

Pelatihan membuat Batik Ciprat di gelar di Pendopo Desa Harjakuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Senin (29/3). 

Kepala Desa Harjakuncaran Sumbermanjing Wetan Arief Sudjono mengungkapkan bahwa pemerintahan desa yang dipimpinnya bukan hanya memperkuat dan mengembangkan kemajuan desanya dari pembangunan fisik saja, namun juga memperhatikan pembangunan pengembangan sumberdaya manusia serta membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya anak berkebutuhan khusus. 

“Pemerintah Desa Harjakuncaran bukan hanya membangun dan memajukan desa melalui pembangunan fisik seperti perbaikan jalan dan bangunan lainnya, namun pembangunan dalam bidang lain juga kami perhatikan supaya berimbang termasuk diantaranya peningkatan ekonomi melalui pelatihan membuat Batik Ciprat,” kata Arief. 

Upaya tersebut memang relevan, tertuama kala memerhatikan secara geografis Desa Harjakuncaran merupakan jalur menuju tempat wisata pantai di Malang Selatan, sehingga perlu adanya sikap mengambil kesempatan untuk menunjang sektor pariwisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. 

Sementara itu Humas BMH Jatim Gerai Malang Ruwiyanto menjelaskan bahwa perhatian kepada masyarakat ataupun penyandang kebutuhan khusus yang telah diberikan pelatihan akan terus didampingi sampai memiliki penghasilan, dengan cara memproduksi batik yang berkualitas dan berdaya saing di pasaran. 

“Kita tidak berhenti memberikan pelatihan keterampilan saja, namun kedepannya juga kami berikan pendampingan termasuk strategi dan cara menembus pasaran melalui dunia maya,” kata Ruwi. 

“Setelah para kader dan para peserta pelatihan mampu membuat Batik Ciprat, berikutnya kita bantu juga dalam menjualkannya ataupun mempromosikan melalui berbagai event seperti bazar, seminar ataupun pelatihan digital marketing,” tutupnya.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *