Bersama Pertamina Bantu Veteran Kemerdekaan di Balikpapan

Dalam rangka memperingati HUT RI ke 75 dan mengenang jasa pahlawan, BMH Kaltim bersama PT. Pertamina RU. V mengunjungi veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di Kota Balikpapan pada Rabu (19/08) sekaligus memberikan bingkisan berupa paket sembako.

Dalam kunjungan ke rumah-rumah veteran dan janda veteran, Tim BMH dan Pertamina menemui beberapa dari mereka yang terbaring karena sakit atau faktor usia yang sangat tua, bahkan ada yang usianya lebih dari 100 tahun.

Menurut Rofiq, Kepala Divisi Program dan Pendayagunaan BMH Kaltim, Program yang diberi nama “Baktiku untukmu, Apresiasiku untuk Veteran” ini dilakukan sebagai wujud kepedulian BMH dan PT. Pertamina RU V pada moment HUT RI ke 75 sekaligus bagian dari dari program penanggulangan dampak Covid-19.

“Kita sebagai generasi muda, tidak boleh melupakan jasa-jasa para pejuang kemerdekaan bangsa ini. Mereka telah mengorbankan jiwa mereka untuk kedaulatan bangsa ini. Makanya pada moment 17 Agustus seperti saat ini kami ingin sedikit berbagi kepada mereka, apalagi situasi pandemi saat ini tentu berdampak kepada kehidupan mereka juga,” terangnya.

Melalui program ini, diserahkan 250 paket sembako dengan rincian 100 paket untuk para veteran kemerdakaan yang masih hidup dan 150 paket untuk janda pejuang kemerdakaan yang berada di kota Balikpapan.

Rabiah, salah satu janda veteran yang terbaring di rumahnya sangat senang dikunjungi. Ia pun menceritakan kisah hidupnya kepada relawan di rumahnya yang terletak di kawasan kampong baru, Balikpapan.

“Dulu waktu saya dan suami saat ingin ikut berjuang, saya cuma diberi pilihan untuk siap hidup dan siap mati, serta siap menembak ataupun tertembak. Dengan lantang saya berkata, siap,” ucap nenek 80 tahunan ini dengan semangat.

Sementara itu, Yosef, Ketua Veteran Balikpapan mewakili pengurus dan anggota menyampaikan rasa bahagianya karena dimoment seperti ini ada perhatian yang diberikan kepada mereka.

“Seneng sekali mendapatkan bantuan, apalagi kondisi pandemic ini. Semoga bisa setiap tahun, yaa,” ujar Yosef berharap.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *