Bersama PBI Sultra Gelar pelatihan Bekam Sesuai Sunnah

Pada ahad, 5 Juli 2020 Laznas BMH Perwakilan Sulawesi Tenggara mengadakan kegiatan Pelatihan Bekam Sunnah Standar bersama Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI).

Kegiatan yang berlangsung di ruang meeting Rumah Sehat Al-Hidayah ini diselenggarakan oleh BMH Sultra, Sekolah Herbalis Muslim Kendari dan PBI Pengda Sultra.

Kegiatan ini menghadirkan Trainer Nasional PBI sekaligus Ketua Pengda PBI Sultra, Thobib Firmansyah, S.Pd.I, M.Pd, Akp.

Menurut Kepala BMH Sultra, Fatahillah, S.Pd.I, semua peserta dilatih bagaimana bekam yang benar dan profesional dan mereka akan mendapatkan sertifikat berhologram PBI yang resmi dari LKP Herbal Insani yang merupakan LKP resmi Mitra PBI yang nantinya dengan bekal keilmuan bekam dan sertifikat tersebut bisa mengikuti Ujian Standarisasi Nasional Bekam yang akan diadakan oleh PBI Pengda Sultra pada masa yang akan datang.

“Alhamdulillah, saya puas, karena pelatihan ini bagus sekali, saya mendapat ilmu mulai dari sejarah bekam, belajar anatomi tubuh, belajar bekam sesuai standar dan diajarkan diagnosa cepat. Plusnya, kita bisa langsung praktek sambil dibimbing,” ujar Syamsuddin Mappa S.Pd, salah satu peserta pelatihan yang berasal dari Baubau

Ketua Panitia, La Sukirman, S.Pi. menjelaskan, tujuan dari Pelatihan Bekam ini adalah untuk memperkenalkan salah satu pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, yaitu Al-Hijamah (Bekam) dan menstandarkan para terapis bekam agar sesuai SOP.

“Pada hari pertama, peserta diberikan materi dari pagi hingga sore. Sementara di hari ke dua full praktek, peserta saling membekam antara mereka, namun tetap menjaga syariat Islam. Terapis laki-laki dengan pasien laki-laki, begitu juga perempuan,”ucapnya

Di antara materi yang diberikan adalah, Aqidah dalam pengobatan, Teori Bekam (Al-Hijamah), Anatomi Hijamah, Menentukan titik bekam, Larangan dalam berbekam, Aspek Hukum Pengobatan Tradisional, Perlengkapan Bekam, Pemeriksaan Awal & Administrasi Klien Bekam dan SOP Terapi Bekam.

Acara ini didukung oleh beberapa rumah sehat di Kendari diantaranya Rumah Sehat Al-Hidayah yang menjadi binaan BMH, Rumah Bekam Kendari, Sekolah Herbalis Muslim Kendari, Gerai Zakat BMH Kolaka dan Gerai Zakat BMH Baubau dan lainnya.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *