Bersama MTT Berdayakan Petani dengan Bantuan Traktor Mini

Pemberdayaan terhadap petani menjadi salah satu program unggulan yang terus dikuatkan dan dikembangkan oleh BMH Kaltim. Program yang telah berjalan dua tahun ini, selain memberikan bantuan modal bertani dan pembinaan, juga membantu peralatan bertani.

Terbaru pada akhir September (29/9) BMH bersama mitra program dari Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) menyerahkan 1 unit traktor mini yang akan digunakan kelompok tani di kawasan Desa Gunung Bubukan RT. 28 Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur untuk membantu membajak lahan.

Penyerahan bantuan diterima secara langsung oleh Bapak Hasrah selaku koordinator bersama beberapa petani binaan BMH yang menjadi penerima manfaat program.

Keberadaan traktor mini akan memudahkan para petani dalam mengolah lahan pertanian dan harapannya kelak bisa mendorong produktivitas hasil tani.

Kepala Divisi Program dan Pendayagunaan BMH Kaltim, M. Rofiq menjelaskan, BMH menerima hasil musyawarah para petani, di mana alat sebelumnya sudah rusak dan meski beberapa kali diperbaiki, hasilnya tak mampu bertahan lama.

“Hal itu mendorong BMH melakukan upaya menjawab kebutuhan petani, hingga akhirnya berkolaborasi dengan mitra MTT untuk memberikan bantuan traktor mini,” tambah Rofiq.

Para petani mengaku sangat terbantu dengan sumbangsih alat ini.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada BMH dan MTT yang telah membantu kami,” ungkap Hasrah, koordinator petani setempat.

Disebutkan, traktor mini itu akan mempersingkat dan meringankan proses penggelolaan lahan. Karena jika dilakukan secara manual dengan cangkul, butuh waktu lama dan energi lebih besar.

“Jadi dengan alat ini akan lebih efektif dan efisien, dan membantu meringankan proses bertani,” tambah Hasrah.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *