Bersama GNB Ajak 120 Pendidik Perdalam Ilmu Shalat

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kaltim, bersama komunitas Gerakan Nikmatnya Berbagi (GNB) Balikpapan belum lama ini sukses mengadakan seminar untuk memperdalam ilmu shalat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Istiqomah Jalan Sport Sebelah Lapangan Merdeka, yang dikhusukan bagi para guru Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Beriman, Balikpapan Kalimantan Timur.

Tampak 120 tenaga pendidik antusias menyimak pemaparan materi dari pengurus Qiblat (Quantum Arti Bacaan Shalat) sebagai narasumber.

“Shalat itu ibadah dan kebutuhan serta pondasi kita hidup, jadi dirikanlah shalat. Nanti, saat meninggal yang ditanya pertama oleh malaikat adalah amalan shalat kita. Kemudian menilai seseorang bisa dari shalatnya. Yakni shalat saja konsisten apalagi menjalankan kehidupanya, dipastikan dia orang yang bisa dipercaya,” jelas ustaz Amir, pemateri dari Qiblati Alumni Gontor dalam pemaparanya.

Atas kegiatan ini, Kepala Divisi (Kadiv) Program dan Pembedayagunaan BMH Perwakilan Kaltim, Achmad Rifai mengatakan kegiatan bersama GNB ini sudah berjalan selama 3 tahun.

“Yakni banyak melakukan aksi bakti sosial (baksos) untuk masyarakat. Seperti donasi bantuan untuk warga Palu, kemudian dijadwalkan ada nikah barokah serta sunat massal di Penajam. Tentunya kesemua kegiatan berjalan lancar tidak lepas dari dukungan masyarakat dan berbagai pihak telah mempercayakan aksi berbaginya pada lembaga amil zakat nasional (Laznas) BMH,” ucapnya.

Mengenai seminar tentang ilmu shalat ini bertujuan untuk merefresh lagi ingatan mengenai rukun wajib, tata cara shalat yang benar serta khusyu. Agar para tenaga pendidik ini saat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari tidak salah, karena mendapatkan ilmu yang sesui. Kemudian mereka sebagai guru juga bisa menyebarluaskan ilmu tentang shalat itu pada lingkungan sekitar, maupun santri atau anak didiknya secara benar. Sehingga ilmu yang diberikan pada muridnya menjadi suatu amal jariah yang tidak akan putus.

“Mudah-mudahan berbagai kegiatan kita kedepanya bisa berjalan lancar dan manfaatnya terasa bagi masyarakat. Tentunya diperlukan dukungan dari semua pihak,” seru Rifai.

Sementara itu, Ketua GNB Balikpapan, Leni Kartika dan tim sengaja mengadakan seminar itu bertujuan mengajarkan pentingnya shalat. Terutama pada guru ngaji. Karena nantinya ilmu yang didapat bisa diajarkan pada santrinya.

“Kami himbau ilmu yang didapat ini bisa diamalkan di lingkungan keluarga maupun tempat kerja serta anak didik mengaji. Mari kita berdia mudah-mudahan kedepan berbagai kegiatan kita bisa berjalan lancar. Amin,” urai wanita berkerudung ini diamini Sekretaris Umum (Sekum) Yenny Rahayu.*/Ahmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *