Berdayakan Masyarakat Desa dengan Budidaya Durian Bawor

Program ekonomi masyarakat pedesaan pada 2020 menjadi bagian yang terus dikuatkan oleh Laznas BMH. Hal ini agar pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan dapat semakin luas jangkauannya.

“Pada tahun 2020 BMH menetapkan beberapa program ekonomi yang memberdayakan masyarakat pedesaan. Satu di antaranya adalah budidaya Durian Bawor yang juga dikenal dengan Montong Orange,” terang Direktur Program dan Pemberdayaan BMH Pusat, Zainal Abidin (27/2).

Secara langsung program ini dimulai pada hari ini di Kampung Baru, Kecamatan Maja, Cianjur Jawa Barat.

Program ini mendapat sambutan antusias dari warga. Di antaranya adalah Aceng (48 tahun).

“Prospek Durian Bawor sangat bagus. Apalagi belakangan banyak orang dari Jakarta datang kemari ingin sewa lahan untuk penanaman durian. Alhamdulillah BMH datang dan langsung memberdakan kami dalam budidaya Durian Bawor ini. Saya yakin akan banyak peningkatan ekonomi warga di sini dengan program ini,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan program ini, BMH bekerjasama dengan H. Listiono, seorang pengusaha yang telah sukses mengembangkan Durian Bawor di lahan seluas 16 hektar di Jasinga Bogor Jawa Barat.

“Pada kesempatan berbahagia ini, BMH telah menanam 27 bibit pohon Durian Bawor di lahan seluas satu hektar dengan tinggi pohon antara satu hingga satu setengah meter. Diperkirakan dalam tiga tahun kedepan pohon bisa berbuah dan menghasilkan serta memberdayakan,” tutup Zainal.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *