Bencana Asap, BMH Siagakan Ambulan dan Bagi-Bagi Masker

Musibah berupa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sebagian wilayah Kalimantan telah menimbulkan kabut asap yang kian meluas. Beberapa kabupaten di Kalimantan Timur juga mengalami dampak musibah tersebut.

Merespon hal tersebut, Laznas BMH Perwakilan Kalimantan Timur langsung memberikan respon cepat guna membantu warga.

“BMH Perwakilan Kaltim langsung membagikan 10.000 ribu masker kepada masyarakat di dua wilayah yang paling besar terdampak, yakni di Kabupaten Berau dan Kabupaten Paser. Selain membagikan masker di jalan-jalan, rumah-rumah warga dan sekolah-sekolah, BMH juga menyiapkan layanan kesehatan dan 3 mobil ambulance bagi warga yang mengalami gangguan kesehatan,” terang Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Perwakilan Kalimantan Timur, M. Rofiq.

Bantuan tersebut merupakan langkah awal. “Insya Allah, jika beberapa hari kedepan hujan tidak turun dan asap terus menebal, kegiatan ini akan terus kita lakukan sampai cuaca dan udara terlihat aman,” imbuhnya.

BMH mengajak semua pihak dapat memberikan kepedulian guna membantu warga terdampak kabut asap di Kalimantan.

“Ke depan, bukan sebatas pengadaan masker, juga sangat diperlukan oksigen portabel, posko kesehatan, dan ambulan. Semua itu menjadi kesatuan yang dibutuhkan untuk membantu warga. BMH sangat membuka diri bagi siapapun yang ingin membantu saudara-saudara kita terdampak musibah karhutla di Kalimantan,” tutup Rofiq.*/Herim

 

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *