Bedah Buku “Santri Menulis” Dorong Santri Bangun Budaya Literasi

Syabab Hidayatullah bekerjasama dengan komunitas Penulis Muda Nasional (Pena) menggelar acara bedah buku “Santri Menulis” sekaligus training jurnalistik yang diselenggarakan di Masjid Ummul Quro, Komplek Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Ahad (11/11/2018).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan pelajar dan mahasiswa dari sejumlah sekolah/kampus ini menghadirkan pembicara yaitu Imam Nawawi (pimred Majalah Mulia dan penulis buku) dan Ainuddin Chalik (wartawan).

Kegiatan yang dipandu oleh pengurus PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ahmad D. Rajiv, ini berjalan semarak dengan antusiasme peserta.

Imam Nawawi dalam pemaparannya menekankan pentingnya membangun budaya literasi. Budaya literasi, menurutnya, tidak saja dengan mengembangkan budaya membaca dan menulis. Melainkan juga melahirkan karya literasi yang dapat dibaca atau dinikmati oleh orang lain.

“Seperti buku “Santri Menulis” ini, lahir dari komunitas literasi dan akhirnya jadilah karya yang memuat pengalaman bagaimana meneguhkan budaya menulis,” kata Imam Nawawi.

Literasi anak bangsa menurut Imam harus ditumbuhkan, terlebih ini sejatinya menjadi kewajiban para santri. Santri, kata Imam, memiliki tanggung jawab moral meneguhkan budaya literasi yang juga menjadi budaya yang dijaga betul oleh para ulama.

“Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi, dunia literasi pun semakin menantang. Apakah dengan kemudahan teknologi yang ada sekarang seiringan dengan progresifitas literasi kita, ini harus kita jawab,” katanya.

Sementara itu, Ainuddin Chalik dalam sesinya yang membawakan materi pengantar jurnalistik, mengimbuhkan bahwa literasi adalah merupakan kerja kerja jurnalistik dimana pegiatnya dituntut untuk selalu berfikir objektif dan sistematis.

Acara ini juga didukung oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah DKI Jakarta.*/Ainuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *