Beasiswa Merangkai Cita-cita Cerdaskan Bangsa

Komitmen Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Balikpapan dalam menyalurkan zakat dengan tepat begitu besar. Minggu (6/5) tadi, mereka menyalurkan zakat khusus  untuk penerima manfaat beasiswa pada 107 siswa di Rumjab Wali Kota Balikpapan.

GM BMH Balikpapan, M Moch Mundzir mengatakan, dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, bertajuk “Program Senyum Anak Ceria-Merangkai Cita-cita Cerdaskan Bangsa”, pemberian manfaat terbagi dalam perseorangan maupun lembaga. Yakni perguruan tinggi calon kader dai sebesar Rp 900 juta, sekolah pemimpin Rp 402 juta, tahfidz alquran Rp 360 juta, dan Yatim Dhuafa Rp 264 juta.

“Kegiatan ini serentak dilakukan di beberapa daerah di Kaltim. Seperti Samarinda, Bontang, dan Paser. Untuk penerima manfaat beasiswa se-nasional ada 11.371 anak. Termasuk di Balikpapan sebanyak 200-an anak dari tingkat SD hingga perguruan tinggi,” ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan pemberian beasiswa dan silaturahmi diadakan tiap tiga bulan sekali. “Yang kami beri bantuan tiap tahunnya selalu bertambah. Dan harus memenuhi syarat untuk menerima bantuan. Seperti tidak boleh merokok serta memiliki komitmen mengikuti pendidikan baca alquran setempat di wilayah,” paparnya.

Adapun Pembina Wali Murid Pendidikan, Arita Rizal mengapresiasi BMH sebagai lembaga zakat yang aktif bergerak di bidang pendidikan. Sebab tak hanya mencetak kader yang kaya intelektual, kerohanian dalam bentuk pendidikan agama juga diutamakan.

“Saya lihat sejak 2001 selalu ada perkembangan kontribusi BMH Balikpapan. Secara langsung membantu siswa yang putus sekolah dan terkendala untuk melanjutkan pendidikan. Terutama bagi yang tidak terakomodasi oleh pemerintah karena terbatasnya anggaran,” tuturnya.

Adapun Kepala Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjalu) Kemenag Balikpapan, Yetty Octavia mendukung kegiatan sosial BMH di bidang pendidikan. Sebab mengentaskan anak dari putus sekolah. Sekaligus mengajarkan pentingnya ilmu agama dalam kehidupan. Sehingga ke depan, penerima manfaat beasiswa mampu menjadi orang yang cerdas, sukses dan membanggakan orang tua.

Sedangkan Kasi Pendidikan Masyarakat bidang Paud Disdikbud Balikpapan, Mukholis mengatakan, kegiatan penyaluran beasiswa ini memang membantu pemerintah Balikpapan. Sebab masih ada 1.990 anak yang belum mendapat pendidikan di sekolah formal. “Kami siap membantu dalam pendataan anak-anak yang membutuhkan bantuan meneruskan sekolah,” tutupnya.*/prokal.co

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *