Baznas Apresiasi Kiprah dan Kinerja Laznas BMH

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) secara resmi telah menyampaikan laporan kinerja Tahun 2019.

“Sehubungan dengan telah berakhirnya tahun kerja 2019 dan berdasarkan UU No.23 tahun 2011 Pasal 29, Peraturan Pemerintah No.14 tahun 2014 Pasal 71, dan Peraturan BAZNAS No.4 tahun 2018 Pasal 2 yang menjelaskan tentang kewajiban lembaga pengelola zakat wajib membuat dan menyampaikan laporan atas pengelolaan zakat, maka sebagai bentuk pertanggungjawab BMH sebagai salah satu Laznas (Lembaga Amil Zakat Nasional) yang telah mendapatkan legalitas sesuai dengan regulasi yang berlaku, pada hari Jum’at, 28 Februari 2020 menyampaikan laporan kinerja BMH tahun 2019 secara langsung ke kantor BAZNAS Pusat,” terang Wakil Direktur Utama BMH Pusat, Supendi.

Pihak Baznas yang hadir dan menerima laporan BMH tersebut adalah Direktur Utama Baznas, M. Arifin Purwakananta dan Direktur Operasi, Wahyu T.T. Kuncahyo beserta staff jajarannya.

Dalam kesempatan itu, Baznas memberikan apresiasi kepada BMH atas penyampaian laporan secara rutin kepada Pemerintah melalui Baznas.

“Ini sebagai bagian dari kepatuhan terhadap regulasi dan amanah UU dalam hal pengelolaan zakat yang ada di negara kita,” ungkap Direktur Utama Baznas.

Tidak lupa, Arifin memberikan apresiasi atas capaian-capaian kinerja BMH dan program-program keumaatannya yang konkret di masyarakat dan terus berkelanjutan.

“Secara pribadi, saya telah menyaksikan sendiri program yang dilakukan BMH melalui jejaringnya di berbagai pelosok Nusantara, salah satunya ketika saya berkunjung ke daerah Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah ada program BMH di sana, dan juga di berbagai pelosok daerah yang pernah saya kunjungi. Ke depannya, diharapkan semua Lembaga Amil Zakat yang ada memiliki spesialisasi program unggulan, walaupun seluruh bidang program tentunya tetap dilakukan, hanya saja ada spesialisasi dan unggulan, dan BMH sudah melakukan hal tersebut, spesialisasi pada program Dakwah di pelosok,” urainya.

Pada Tahun 2019 Penghimpunan Laznas BMH mencapai Rp. 206,31 miliar, atau terdapat peningkatan sebesar 38,42% dari tahun 2018.

“Terimakasih kepada masyarakat, umat yang mempercayai BMH untuk ikut serta membangun bangsa dan negara melalui gerakan zakat. Terimakasih pula kepada Baznas, Kemenag dan pemerintah secara umum atas pengawasan dan bimbingan yang diberikan, sehingga BMH dapat terus menjalankan fungsi keumatan dengan baik,” tutup Supendi.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *