Bantuan Terus Mengalir, Air Bersih Sangat Dibutuhkan

Sejak terjadinya musibah gempa yang menimpa Lombok Utara dan Lombok Timur, kepedulian masyarakat tanah air untuk masarakat NTB terus mengalir.

Laznas BMH sendiri hingga hari ini (1/8) masih terus membersamai masyarakat Desa Lolohan Kecamatan Bayan Lombok Utara.

“Semua ini tidak lain karena kepercayaan masyarakat kepada BMH untuk menyampaikan amanah bantuan bagi masyarakat NTB, terutama masyarakat Lombok Utara,” terang Kepala BMH Perwakilan NTB, Abdul Kholiq.

Beberapa komunitas dari Jawa dan Bali juga telah menghubungi BMH NTB untuk menyalurkan amanah membantu masyarakat korban bencana gempa.

Namun, hal yang paling mendesak bagi para pengungsi sekarang, yang kala malam tidur di ruang terbuka adalah ketersediaan air bersih.

“Air memang sangat mendesak, karena kondisi serba darurat. Air ini bukan saja untuk kepentingan MCK, tetapi juga untuk minum sehari-hari,” jelas Kholiq.

Pemda Lombok Utara telah melakukan upaya konkret untuk hal ini, namun jelas masih belum semua korban dapat tertolong untuk pemenuhan air bersih.

Menurut Ketua Komisi III DPRD NTB Johan Rosihan bahwa bantuan yang ada jangan terfokus pada satut itik, tetapi agar bisa didistribusikan secara merata.

Laznas BMH sendiri telah menemukan beberapa titik masyarakat yang belum tersentuh bantuan.

“Insya Allah, BMH berkomitmen untuk memberikan bantuan secara lebih luas, sehingga kami dapat turut serta mengupayakan pendistribusian bantuan secara lebih merata,” jelas Kholiq.

Dan, dalam rangka menguatkan kiprah BMH di lokasi gempa, hari ini BMH mengirimkan tim relawan untuk membantu tim yang sejak hari pertama telah berada di lokasi. Diharapkan, tim kedua ini dapat semakin efektif memberikan bantuan kepada para korban gempa di NTB.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *