Bantu Korban Kebakaran di Komplek Borobudur 2 Manokwari Papua Barat

Musibah kebakaran telah terjadi di Komplek Borobudur 2 di Manokwari yang berada di Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat tepat saat adzan Dhuhur berkumandang (30/9).

“Komplek Borobudur ini merupakan pemukiman warga yang mayoritas berpenghasilan sebagai nelayan. Kebakaran dipicu oleh ledakan kompor minyak tanah yang terjadi di satu rumah warga. Karena pemukiman padat, rumah-rumah terbuat dari kayu, maka api menjalar dengan sangat cepat dan sekitar 300 rumah hangus tak bersisa, tinggal tiang-tiang pondasi di atas air laut,” terang Kepala BMH Perwakilan Papua Barat, Wasmanto (1/10).

Musibah tersebut telah jadikan 600 KK dan 1000 orang harus rela tinggal di tempat darurat di pengungsian yang tersedia.

“Musibah ini juga membakar sebuah masjid dan beberapa perahu nelayan,” imbuh Wasmanto.

Merespon kondisi tersebut BMH langsung bergerak mengirimkan bantuan untuk warga, mulai dari pakaian layak, sembako dan pendirian sebuah posko di Masjid Jami’ Merdeka Manokwari, yang di sana juga terdapat pengungsi sejumlah 164 orang yang terdiri dari ibu-ibu dan balita, bahkan bayi.

“Bantuan yang sangat dibutuhkan saat ini berupa dana, pakaian sholat dan perlengkapan bayi, konsumi, air mineral, makanan ringan dan suplemen. Tidak sedikit warga hanya memakai pakaian di badan, karena tak lagi punya kesempatan untuk menyelamatkan barang-barang yang dimiliki di dalam rumah,” jelas Wasmanto.

Bantuan ini sangat membahagiakan warga yang mengungsi di dekat posko BMH.

“Terimakasih atas kepedulian dan gerak cepat BMH membantu kami. TInggal pakaian di badan saja ini, tak ada yang bisa kami bawa, apa-apa tidak ada. Alhamdulillah masih selamat jiwa dan raga,” ungkap salah seorang warga bernama, Wa Endah.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *