Bantu Edukasi dan Cegah Penyebaran Covid-19 dengan Pembagian Handsanitizer untuk Masyarakat Pulau

Era internet menjadikan masyarakat kian sadar perihal bagaimana hidup bersih dan sehat, terutama di masyarakat terpencil. Kondisi tersebut mendorong BMH Kepulauan Riau terus membersamai masyarakat. Kali ini pembagian 500 hand sanitizer untuk masyarakat pulau di sekitar Kota Batam.

“Alhamdulillah karena BMH di Kepri ini sejak awal sudah tanggap dengan program paket sembako, ini masyarakat membutuhkan hand sanitizer, karena tidak setiap saat ada di rumah dan bisa cuci tangan. Sebagai lapis pertama pencegahan, mereka butuh hand sanitizer. Begitu sudah bisa cuci tangan, mereka akan tetap cuci tangan dengan sabun,” terang Kepala BMH Perwakilan Riau, Abdul Aziz (18/4).

Sebagaimana jamak dipahami sanitizer memiliki fungsi dasar sebagai solusi untuk para dokter yang tidak sempat ke kamar kecil untuk mendisinfeksi diri sebelum bertemu pasien. Kandungan alkohol dinilai dapat “membunuh” banyak jenis bakteri dan virus dengan kulit luar yang keras.

“Maka, hand sanitizer diharapkan dibawa oleh masyarakat kemana saja pergi, sebagai lapis awal, kalau tidak bisa cuci tangan. Terlebih namanya masyarakat pulau sudah barang tentu lebih sering aktivitas di luar rumah,” imbuh Aziz.

Program ini terlaksana atas support dari salah seorang donatur yang telah mengamanahkan kepada BMH sebanyak 45 liter bahan baku, yang kemudian oleh BMH kembali dikemas dalam bentuk botolan ukuran 75 ml dan akhirnya tersedia 500 botol hand sanitizer.

Pembagian hand sanitizer disambut baik oleh warga. Sarifuddin misalnya yang merupakan Ketua Rukun Tetangga (RT) di kelurahan Tembesi.

“Nah, ini penting buat di luar rumah. Sebagai pengganti cuci tangan di luaran. Kalau di rumah kan enak bisa cuci tangan. Jadi ini manfaat sekali. Terimakasih atas bantuan dari para donatur dan juga kepada BMH yang membantu warga dengan pembagian hand sanitizer,” ungkapnya.

Begitu juga dengan Bapak Rahman yang menjabat ketua RW. Di daerah Kelurahan Setokok Kecamatan Bulang. “Wah, lumayan ini, kami butuh sekali. Kalau beli, sudahlah kita lebih baik beli beras. Jadi, terimakasih ini BMH ya,” tuturnya.

Selain membagikan hand sanitizer, BMH juga mengedukasi masyarakat agar betul-betul patuh pada aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam upaya memerangi Covid-19.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *