Bangun Warung Berkah Dorong Mustahik Berdaya

Pemberdayaan ekonomi menjadi salahsatu program yang mendapat perhatian BMH Perwakilan Kalimantan Timur.

“Alhamdulillah salah satunya diwujudkan secara bertahap beberapa unit “Warung Berkah” dengan konsep kios sederhana yang diharapkan dapat membantu para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk lebih meningkatkan penghasilan dalam berusaha sehingga dapat menguatkan perekonomian keluarga mereka,” terang Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Kalimantan Timur, Muhammad Rofiq.

Sebelumnya program ekonomi diwujudkan dengan memberikan bantuan modal usaha, pendampingan dan pelatihan bagi para pelaku UKM mitra BMH. Namun, ternyata mereka juga memerlukan pasar untuk menjual produk mereka.

“Maka lahirlah Warung Berkah ini,” tegasnya.

Program ini menargetkan dapat membangun 100 kios yang dalam pengelolaannya akan melibatkan banyak pihak sebagai mitra.

“BMH menargetkan dapat mewujudkan 100 Warung Berkah di Kaltim dan akan bersinergi dengan masyarakat, baik perorangan, komunitas, majelis-majelis ta’lim, instansi dan masjid-masjid. Kami berharap akan memberikan manfaat lebih luas jika dilakukan sinergi,” imbuh Rofiq.

Tahap awal, BMH telah membangun 5 unit kios yang bertempat di Jl. Mulawarman, Kelurahan Teritip Balikpapan Timur. Kios yang ada akan diberikan kepada mustahik-mustahik yang memenuhi syarat dan siap mengikuti pendampingan.

“Cukup banyak mustahik yang telah mendaftar, namun kami memiliki kriteria, sehingga yang lulus seleksi nantinya akan benar-benar menjadi penerima manfaat tepat sasaran, sehingga ada komitmen dan siap bersungguh-sungguh menjalankan usahanya, tidak setengah-setengah,” tutup Rofiq.*/Mr.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *