Bakti Sosial di Masyarakat Kepulauan

Sebagian wilayah Indonesia memang terbentang dalam bentuk kepulauan, sehingga dari satu lokasi ke lokasi lain, sudah barang tentu mesti menyeberangi lautan. Seperti itulah di wilayah Kepulauan Riau.

Meski demikian, Laznas BMH tetap hadir membersamai masyarakat yang ada di sana. Karena mereka adalah manusia-manusia luar biasa, yang tak pernah mengeluh dengan kondisi alam atau pun menyerah karena keadaan.

Bertempat di Pulau Panjang Timur BMH Perwakilan Kepulauan Riau menggelar acara bakti sosial (17/7).

“Masyarakat Pulau Panjang Timur memang belum cukup dikenal oleh khalayak, tetapi di sini terdapat banyak potensi pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, BMH Perwakilan Kepulauan Riau menjadikan Pulau Panjang Timur sebagai lokasi Rapat Koordinasi Wilayah yang dirangkai engan kegiatan bakti sosial,” terang Kepala BMH Perwakilan Kepulauan Riau, Abdul Aziz.

Usai bersilaturrahim dengan warga, direncanakan kedepan akan dimulai proyek percontohan bagi pulau-pulau lainnya khususnya dalam membentuk cluster-cluster pemberdayaan masyarakat pulau.

“Insya Allah telah dicanangkan beberapa program, di antaranya adalah pembangunan Pondok Pesantren Tahfidz Anak Pulau, kemudian yang kedua adalah rencana untuk membentuk kelompok budidaya ikan keramba, dan juga berencana untuk membentuk kelompok kerajinan ikan asin,” imbuh Aziz.

Adapun kegiatan bakti sosial tahap pertama dilakukan dengan membagikan puluhan paket sembako untuk warga yang membutuhkan.

“Saya mewakili warga pulau mengucapkan ribuan terima kasih kepada rombongan dari BMH atas kunjungannya ke kampung kami ini. Warga tentu sangat merasa terbantu dengan adanya pembagian paket tersebut, sekali lagi terima kasih semoga sering sering ke pulau ya,” ucap koordinator masyarakat di lokasi, Roziana.

Dalam kesempatan itu hadir para tokoh masyarakat seperti ketua RW, Para ketua RT dan juga Bapak H. Ruslan sebagai Imam besar di pulau tersebut turut menyambut kedatangan BMH.*/Herim

 

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *