Aktif Membantu Pengungsi dari Tenda ke Tenda

Gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang melanda Kota Ambon kini menyisakan duka bagi sebagian masyarakat.

Tidak saja kehilangan tempat tinggal, beberapa juga kehilangan keluarga yang amat dicintai. Gempa itu memang mengguncang beberapa kecamatan seperti Baguala, Teluk Ambon, Sirimau, Nusaniwe dan Kota Ambon.

Merespon hal tersebut, Laznas BMH Perwakilan Maluku di Ambon langsung bergerak menurunkan bantuan.

“Setelah kami cek bahwa semua amil selamat termasuk keluarganya, diputuskan BMH segera gerilya dari tenda ke tenda menurunkan bantuan,” terang Kepala BMH Perwakilan Maluku, Ali Ikrom Tihurua (1/10).

Di antara titik pengungsi yang didatangi BMH adalah Universitas Darussalam Tulehu.

“Kami ke situ dan di sana masyarakat dari Desa Tulehu yang mengungsi,” imbuh Ikrom.

Titik lainnya adalah di Kecamatan Salahutu tepatnya di Negeri Liang Ambon.

“Di sini tidak saja masyarakat, para santri Pesantren Hidayatullah pun mendapatkan bantuan dari para donatur BMH. Kondisinya kala itu mengalami kesulitan air bersih, sehingga drop air mineral menjadi paling dominan di sini,” ujarnya.

Sejauh ini BMH juga telah melakukan koordinasi dengan BNPB Daerah dan menjadi mitra banyak lembaga yang peduli dan ingin membantu masyarakat korban musibah gempa bumi di Ambon.

“Seiring dengan kepedulian masyarakat kini BMH bisa bersinergi dengan banyak pihak, bukan semata sembako dan kebutuhan balita yang dapat diberikan, tetapi juga layanan kesehatan dan penerjunan relawan untuk membantu masak ibu-ibu di tenda-tenda pengungsian,” pungkas Ikrom.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *