Sehari Pasca Banjir TASK Hidayatullah Bersihkan Rumah Warga, Masjid dan Mushola

*TASK Hidayatullah Bersihkan Rumah Warga, Masjid dan Musholla di Bondowoso*

Musibah banjir bandang yang menimpa Desa Sempol (29/1) yang berada di sekitar kawasan Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur telah merendam ratusan rumah warga, termasuk masjid dan mushola.

“Alhamdulillah Tim Aksi Siaga Kemanusiaan (TASK) Hidayatullah yang terdiri dari relawan BMH, SAR Hidayatullah dan Pemuda Hidayatullah serta Islamic Medical Service (IMS) langsung datang ke Kampung Baru Desa Sempol Kecamatan Ijen, Bondowoso. Tim langsung koordinasi dengan BNPB dan langsung melakukan aksi membersihkan jalan, rumah warga, masjid dan mushola dari endapan lumpur,” terang Koordinator Lapangan TASK Hidayatullah Rijal Muttaqin.

Masjid yang berhasil dibersihkan dan kini dapat ditempati menyimpan barang kebutuhan serta sholat Jum’at hari¬† ini (31/1) adalah Masjid At-Taqwa yang berada di Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Adapun Mushola bernama Mushola Nurul Hikam di Kampung Baru, Kalisat, Ijen Bondowoso.

Warga sangat senang atas hadirnya TASK Hidayatullah. “Terimkasih, jadi mudah pekerjaan bersih-bersih ini, baik di jalan, rumah terutama mushola ini,” ucap seorang pengurus mushola.

Sepanjang hari (30/1) tim bahumembahu bersama polisi, TNI dan masyarakat melakukan aksi membersihkan lumpur.

“Karena lokasi ini merupakan terdampak paling parah, maka TASK Hidayatullah mendirikan posko darurat di sini,” imbuh Rijal.

Pada saat yang sama TASK Hidayatullah melakukan pendataan untuk program selanjutnya berupa pengiriman bantuan logistik bagi warga terdampak, termasuk jadwal dan pembagian lokasi untuk aksi lanjutan.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pendataan warga agar program bantuan logisitik dan program lanjutan lainnya dapat dilaksanakan secara baik, tepat, dan segera. Malam ini juga tambahan relawan didatangkan dari Surabaya agar upaya membantu warga terdampak banjir dapat kian maksimal,” tutup Rijal.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *